Saturday 2 April 2016

22:21

Pengertian Hardisk

Hardisk adalah salah satu komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer atau laptop yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer dan manusia. hardisk biasanya berbentuk kotak dan di dalamnya terdapat piringan tempat data – data tersimpan, hardisk bersifat menyimpan data secara paten walaupun komputer atau laptop anda matikan data – data yang ada dalam hardisk akan tetap ada, kecuali anda menghapusnya secara manual atau hardisk terkena virus.
gambar hadisk
gambar hadisk

Fungsi Hardisk

Fungsi Hardisk adalah untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sector – sector yang terdapat pada disk yang telah tersedia di dalam nya untuk di read atau write, lain hal nya dengan ram yang fungsinya hanya untuk menyipan data secara sementara. oleh karena itu peranan hardisk sangat lah vital karena apa gunanya komputer jika tidak bisa menyimpan data yang telah di proses.
sebelum bisa di gunakan hardisk harus terlebih dahulu di partisi sesuai dengan format sistem operasi yang di gunakan, contoh dalam windows format partisi pada hardisk biasanya jenis NTFS. mengapa format penting untuk di lakukan  ? karena agar sistem operasi bisa mengenali dan menggunakan hardisk sesuai dengan format yang sesuai dengan sistem operasi tersebut.

perbedaan hardisk sata dan ata

perbedaan yang saya lihat dari hardisk ata dan sata adalah dari bentuk socket dan kabel nya, kalo ata cenderung besar atau biasanya hardisk nya produk jadul dan kalo sata itu kabel nya kecil dan biasanya sata sudah terpasang di hardisk dan motherboard masa kini. contoh bentuk nya anda bisa lihat gambar di bawah.
perbedaan hardisk sata dan atanah contoh perbedaanya bisa anda lihat di atas

Fungsi Hardisk Dalam Komputer

pada umumnya sebagai media penyimpanan suatu data pada PC. Namun sekarang, hardisk mempunyai fungsi yang beragam seperti penambah kecepatan kinerja PC, sebagai media penginstalan Windows dan juga sebagai media penyimpanan eksternal. Ketiga fungsi ini menjadi fungsi hardisk yang dikembangkan setelah kemunculan flashdisk. Hardisk diciptakan sebagai media penyimpanan dengan ukuran yang super besar. Ukuran hardisk sangat beragam mulai dari 128 GB hingga 1 TB. Hardisk dengan ukuran penyimpanan 128 GB sangat jarang dijual karena penjualanya sangatlah minim dan terlalu tanggung untuk dijadikan sebagai media penyimpanan eksternal. Pengguna komputer lebih menyukai hardisk dengan ukuran 320 GB keatas. Meskipun harganya mahal, namun hardisk dengan kapasitas yang lega ini bisa berfungsi juga sebagai penyimpanan multimedia seperti video yang berukuran besar.

Fungsi Hardisk Dalam Komputer

Fungsi Hardisk
Dalam satu disk, terdapat berbagai macam folder dan subfolder yang nantinya akan berguna sebagai menyimpan data. Masing-masing folder akan di kelompokan menjadi satu kategori yang sama. Nantinya, kinerja dari hardisk itu sendiri ditentukan oleh data yang terdapat pada suatu hardisk itu. Semakin banyak data yang terdapat pada hardisk, maka computer yang membaca data dari hardisk akan semakin lama. Oleh karena itu, hardisk dengan kapasitas besar sebaiknya tidak digunakan pada PC yang mempunyai RAM dan ROM yang kecil. Hal ini bisa menyebabkan RAM pada PC akan bekerja lebih keras, dan jika terus menerus digunakan, maka PC tersebut akan overheat dan kemungkinan bisa terbakar. Fungsi hardisk memang mempunyai manfaat sebagai media penyimpanan, namun PC yang digunakan harus memiliki RAM yang cukup untuk bisa membaca hardisk dengan cepat.
Fungsi hardisk memiliki kecepatan tersendiri. Hard disk jenis IDE mempunyai 4 tingkatan kelas, masing-masing Ultra DMA/33, Ultra DMA/66, Ultra/100, dan Ultra DMA/133.. Maksud Ultra DMA/33 adalah daya transfer rata-ratanya 33 MBps. Jadi,Ultra DMA/133 sama dengan transfer datanya 133 MBps. IDE yang terbaru menggunakan SATA {serial ATA} yang sebelumnya menggunakan paralel ATA. Penggunaan hard disk jenis SATA kecepatan transfernya lebih cepat daripada paralel ATA.

demikian artikel Pengertian Dan fungsi Hardisk,semoga bermanfaat buat sahabat tkjtemanggung

 

Fungsi Hard Disk

Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.
- See more at: http://solusikompi.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-dan-fungsi-hard-disk.html#sthash.GXGgGUJM.dpuf

0 comments:

Post a Comment